Kenali Vertigo Sejak Dini Dan Tangani Segera

Vertigo, mungkin banyak orang yang sudah tahu terkait penyakit yang satu ini. Vertigo merupakan salah satu jenis sakit kepala yang begitu berbahaya. Bagaimana tidak, saat Anda diiserang vertigo rasanya adalah sakit kepala hebt dan juga terasa berputar-putar di setiap harinya.

Vertigo ini juga bisa ditandai dengan adanya rasa pusing yang terasa amat sangat sehingga seseorang terkadang tak mampu untuk melakukan apa pun.  Penyebab vertigo pun bermacam-macam tergantung dari jenisnya dan juga rasa sakit yang dialaminya.

Jenis vertigo sendiri dibagi menjadi 2 macam. Bagi Anda yang merasakan rasa sakit teramat dalam, maka sudah saatnya Anda mengetahui dengan pasti apa itu vertigo, bagaimana tandanya, dan apa saja jenis vertigo yang bisa dialami.

www.pexels.com

Jenis Vertigo Yang Harus Diketahui Sejak Dini

Vertigo atau rasa sakit yang amat sakit ini dibagi menjadi 2 buah macam yaitu vertigo peripheral dan juga vertigo sentral. Berbeda jenisnya pasti akan berbeda juga dalam penanganannya sehingga, Anda harus mengetahui dengan pasti jenis vertigo yang Anda alami.

  1. Vertigo periferal

Vertigo periferal adalah jenis vertigo yang paling banyak ditemui. Kebanyakan orang mengeluh mengenai vertigo periferal ini. Penyebab vertigo perifal ini adalah adanya gangguan pada bagian telinga dalam yang seharusnya berfungsi untuk mengatur bagian keseimbangan tubuh.

Bagian telinga dalam ini nantinya akan memberikan sinyal dan juga tanda di mana kepalamu berada pada saat Anda sedang menggerakkan kepala. Akan tetapi, saat Anda mengalami penyakit vertigo ini, maka Anda akan merasakan pusing yang disertai dengan rasa sakit yang berkepanjangan. Hal ini bisa saja disebabkan oleh adanya peradangan pada bagian dalam telinga dan juga karena adanya infeksi virus.

www.pexels.com

Penyebab vertigo periferal

Vertigo periferal ini dapat disebabkan karena berbagai hal. Vertigo periferal sendiri yang paling sering terjadi adalah kondisi BPPV yaitu sebuah kondisi yang terjadi di mana vestibuler bagian telinga dalam mengalami sebuah gangguan baik yang disebabkan karena adanya perubahan pada posisi atau pun gerakan kepala yang terjadi secara acak dan tiba-tiba.

  • Perubahan posisi kepala secara tba-tiba

Hal tersebut sering terjjdi pada saat Anda merubah posisi kepala dari posisi tegak dan berubah menjadi menunduk secara tiba-tiba. Bisa juga dikarenakan bangun tidur secara tiba-tiba sehingga kaget yang akan dirasa. Kebiasaan seperti mendongakkan kepala juga bisa menjadi salah satu penyebab adanya vertigo periferal ini.

Vertigo periferal ini bisa terjadi pada waktu yang singkat. Kebanyakan penderita memiliki usia di atas 50 tahun. Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan terjadi pada kalangan muda-mudi yang sekarang.

  • Adanya riwayat cedera pada kepala

Selain karena disebabkan perubahan posisi kepala yang tiba-tiba, vertigo periferal ini juga bisa disebabkan karena adanya riwayat cedera pada kepala. Orang yang pernah mengalami cedera pada kepala akan memiliki kemungkinan yang besar utnuk terkena gangguan telinga bagian dalam yang nantinya akan menjadi penyebab utama vertigo.

  • Labirinitis

Penyebab selanjutnya vertigo adalah adanya labirinitis. Labirinitis adalah sebuah kondisi di mana terjadi peradangan dan juga infeksi pada bagian telinga dalam. Khususnya pada saluran yang berliku-liku dan juga penuh akan cairan.

Telinga dalam ini sangat penting dalam mengendalikan keseimbangan seseorang dan juga bagian pendengaran. Infeksi yang terjadi bisa karena virus maupun bakteri misalkan saja pada orang yang menderita flu atau influenza.

  • Vestibular neuronitis

Penyebab vertigo periferal yang selanjutnya adalah adanya vestibular neuronitis. Vestibular ini adalah kondisi peradangan yang terjadi di bagian saraf telinga yang terhubung secara langsung pada otak. Peradangan ini juga terjadi karena adanya infeksi virus yang terjadi secara tiba-tiba tanpa adanya gejala atau pun tidak adanya gangguan atau masalah sama sekali dalam pendengaran.

Kondisi ini bisa saja sering terjadi yaitu dalam beberapa jam selama satu hari. Gejala yang bisa terjadi adalah kehilangan keseimbangan, mual, muntah, dan juga kepala merasa kliyengan. Inveksi yang terjadi pada bagian telinga ini tak akan membuat penderita mengalami kehilangan pada pendengarannya.

  • Mnire

Mungkin saat mendengar saja sudah terasa aneh. Ya, penyakit ini memang digolongkan sebagai penyakit telinga dalam yang langka namun, dapat menyebabkan vertigo yang sangat parah. Gejala yang terjadi bisa dilihat dari telinga yang terus-terusan berdenging dan juga adanya gangguan pendengaran dalam beberapa waktu tertentu.

  1. vertigo central

jenis vertigo yang selanjutnya adaah vertigo central. Vertigo ini sangat berbeda dengan jenis vertigo yang sebelumnya. Penyebab vertigo central ini adalah karena adanya masalah pada otak kecil yaitu cerebellum.

Penyakit ini bisa terjadi karena adanya ganggan dari penyakit lain atau adanya suatu masalah pada otak seseorang. Vertigo ini juga bisa terjadi karena adanya pengaruh obat dan juga berbagai jenis minuman alcohol.

www.pexels.com

Penyebab Vertigo Central Yang Harus Dikawal

Vertigo central ini juga bisa disebabkan karena beberapa gangguan terlebih dahulu. Penyebabnya jelas  berbeda dengan vertigo periferal. Sehingga Anda harus benar-benar paham dan mengerti terlebih dahulu bagaimana tanda awalnya terjadi vertigo.

  • Migraine

Salah satu penyebab vertigo central yang paling utama dan paling dialami oleh banyak orang adalag migraine. Migraine sendiri merupakan rasa sakit kepala yang hanya menyerang satu sisi kepala saja dengan rasa yang tak tertahankan dan juga rasa nyeri yang terus berdenyut. Migraine ini sering terjadi pada kalangan usia muda.

Migraine sendiri sering dianggap sebagai penyebab utama terjadinya vertigo. Saat Anda dapat menghindari migraine, maka hal tersebut juga dapat menyelamatkan Anda dari penyakit vertigo yang mmebuat sakit.

  • Multiple sclerosis

Selain migraine, ada juga penyebab vertigo yang lain seperti multiple sclerosis yakni adanya gangguan pada sinyal saraf di bagian saraf pusat baik itu otak atau pun tulang belakang. Hal ini bisa terjadi karena adanya kesalahan pada kekebalan seseorang.

  • Neuroma akustik

Selain itu, ada penyabab lain terkena vertigo central yaitu neuroma akustik atau biasa dikenal dengan istilah tumor jinak yang berada pada saraf vestibular. Saraf vestibular sendiri merupakan saraf yang menghubungkan langsung antara bagian telinga dan juga otak. Neuroma akustik ini dapat terjadi karena adanya kelainan genetic secara turun temurun.

  • Tumor otak

Tumor otak juga bisa menjadi penyebab vertigo yang utama. Adanya tumor pada otak kecil ini nantinya akan dapat menyebabkan gangguan pada system koordinasi gerak tubuh sehingga akhirnya terjadilah vertigo.

  • Stroke

Stroke juga bisa menjadi penyebab rasa sakit seperti vertigo. Stroke sendiri merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah di bagian otak.

  • Konsumsi obat

Konsumsi obat ini dapat juga mengakibatkan berbagai komplikasi penyakit seperti vertigo. Sehingga, sebelum minum obat Anda baiknya harus mengetahui terlebih dahulu dosisnya seberapa dan juag efek yang dirasakan apa saja. Sehingga nantinya dapat mencegah terjadinya vertigo ini.

www.pexels.com

Tanda Awal Mula Vertigo Mendekati Anda

Vertigo ini bukanlah suatu penyakit yang dating tanpa gejala atau tanpa adanya tanda karena vertigo juga memiliki tanda atau gejala yang harus Anda pahami. Dengan memahami gejala ini, nantinya diharapan agar Anda lebih antisipasi dan juga lebih bisa menjaga diri.

  • Perasaan berputar

Salah satu tanda yang paling nyata dari vertigo ini adalah adanya keadaan pusing atau berputar. Jika suatu saat Anda merasakan pusing atau berputar semua benda yang ada di sekeliling Anda, maka bisa jadi itu merupakan vertigo. Sehingga, akan lebih baik jika Anda memeriksakannya dari dini.

  • Rasa akan pingsan

Salah satu tanda yang bisa diamati dari penderita vertigo adalah rasa pusing dan juga akan pingsan sesaat setelah bangun tidur. Hal ini nyatanya sangat  mudah diamati jika suatu saat setelah bangun tidur tiba-tiba Anda merasakan mata yang sangat gelap itu tandanya gejala vertigo. Perasaan mata yang menjadi gelap ini adalah karena nystagmus yaitu sebuah kondisi yang menjadikan mata bergerak tak terkendali.

  • Gangguan pendengaran

Gangguan pendengaran ini akan muncul pada tahapan awal penyakit vertigo dating. Gangguan ini akan hilang dengan sendirinya saat penyakit Anda mulai sembuh. Namun, saat penyakit ini semakin meningkat, maka bisa terjadi juga gangguan pendengaran yang semakin parah. Perbedaan ini bisa terjadi karena adanya tekanan dalam telinga dan juga infeksi akan pendengaran yang bisa disebabkan karena virus.

  • Susah menelan

Saat vertigo dating, maka seseorang akan mengalami mual dan juga muntah yang berkepanjangan. Hal ini juga akan membuat mereka mengalami kesusahan dalam menelan. Sehingga tak heran jika banyak orang yang mengeluhkan terkait kesusahan dalam menelan ini.

  • Pingsan

Pingsan juga biasa terjadi pada penderita vertigo. Kehilangan kesadaran ini adalah karena kekurangan oksigen dan juga zat makanan ke otak sehingga akhirnya terjadilah kehilangan kesadaran.

Obat Mujarab Vertigo Yang Bikin Sembuh Lebih Cepat

Vertigo ini memang merupakan penyakit yang sulit disembuhkan. Sehingga tak heran jika banyak orang mengeluhkan terkait penyakit yang satu ini. Rasa sakit yang teramat sangat membuat pasien pengidap vertigo terkadang putus asa.

Namun, tak usah khawatir karena saat ini telah terdapat banyak sekali obat alami yang bisa dijadikan sebagai obat untuk vertigo. Dengan obat alami ini nantinya Anda akan bisa lebih sehat dan juga tidak akan mendatangkan efek samping. Salah satu obat yang bisa dijadikan sebagai obat vertigo adalah Produk Nasa yang merupakan obat alami yang tak memiliki efek yang tinggi.

  • Air putih

Salah satu obat segala penyakt adalah air putih. Hal ini juga berlaku pada vertigo yang Anda alami atau Anda derita. Vertigo ini juga bisa disebabkan karena kekurangan cairan atau dehidrasi yang terus menyerang sehingga, Anda tak boleh kekurangan cairan.

Air putih ini bisa menjadi obat yang paling alami, mudah, dan juga pasti tak memberikan resiko sama sekali. Penuhi kebutuhan akan cairan Anda selama satu hari di mana Anda harus memenuhi kebutuhan cairan yakni  8 gelas hingga 12 gelas air putih.

  • Air jahe

Jahe juga bisa menjadi obat vertigo alami. Layaknya Produk Nasa, obat ini juga tak memiliki efek yang berbahaya bagi Anda. Obat ini akan memberikan kesembuhan secara cepat dan juga akurat tanpa perlu mengeluarkan banyak dana.

Jahe ini bisa dijadikan sebagai obat karena sensasi rasa pedas yang diberikan. Menurut penelitian jahe juga menjadi salah satu yang paling efektif bahkan lebih baik dari maneuver epley.

Caranya juga sangat mudah karena Anda hanya perlu merebus 2 hingga 4 gram jahe selama 5 menit. Kemudian, saring airnya dan jangan lupa tambahkan madu untuk memberikan cita rasa yang semakin nendang dan juga memberikan rasa manis dan menghilangkan rasa pedas pada jahe.

  • Ginkgo biloba

Ginkgo biloba merupakan salah satu obat tradisional khas Tiongkok yang telah dipercaya untuk mengobati berbagai macam penyakit gangguan syaraf. Dengan bahan ini, nantinya akan membuat peredaran darah menjadi lancar pada bagian telinga dalam serta otak. Hal inilah yang menjadikan ginkgo dapat dijadikan sebagai oabt.

Dengan peredaran darah yang lancar, maka nantinya rasa pusing dan juga gangguan keseimbangan akan dapat sembuh secara perlahan. Sehingga yuk mulai coba obat yang alami dan memberikan sensasi penyembuhan yang tinggi ini.

  • Kacang almond

Kacang almond bukan hanya menjadi kacang yang enak dikonsumsi dan juga menjadi toping yang lezat dalam setiap makanan. Pasalnya, kacang almond ini juga dapat dijadikan sebagai obat yang paling alami dan juga yang paling mujarab dalam pengobata vertigo.

Kacang almond ini diperkaya akan vitamin A, vitamin E, dan juga vitamin B yang dapat dijadikan sebagai obat alami untuk meredakan vertigo. Kacang almond ini menjadi salah satu terapi pengobatan yang enak dan juga tak membosankan. Bagi Anda yang menjadikan kacang ini sebagai obat, maka akan lebih baik jika mengetahui cara penyimpanan dan juga pengolahannya agar senantiasa lezat dan terhindar dari bau tengik yang menyengat.

  • Cuka apel

Cuka apel tak hanya bisa dijadikan sebagai obat jerawat saja karena cuka apel yang dicampur dengan madu dapat juga dijadikan sebagai obat alami untuk vertigo. Cuka apel ini mampu membuat aliran darah pada otak menjadi lancar sehingga nantinya sensasi berputar dan juga pusing dapat terhindar dan juga hilang dengan seketika.

Cara pembuatannya juga sangat mudah di mana Anda hanya perlu mencampurkan 2 buah sendok madu dengan satu buah sendok cuka apel sehingga nantinya vertigo Anda akan terobati dengan cepat dan juga menghilangkan sensasi dengan kilat.

Selain jenis obat alami, ada juga obat vertigo yangs udah dipercaya ampuh dan juga sudah beredar secra meluas di pasaran. Obat-obat ini harus diminum dengan menggunakan resep dokter dan juga harus dengan dosis yang sesuai.

  • Meclizine

Obat ini merupakan obat yang akan meringankan dan juga mencegah gejala pusing, muntah, mual. Obat ini dapat memperbaiki juga gangguan bagian dalam telinga. Di mana dosis yang diperbolehkan bagi orang dewasa adalah 25 mg untuk setiap harinya diminum dengan resep 1 hingga 4 kali dalam sehari.

Vertigo ini memang merupakan penyakit yang sulit diobati namun, bukan berarti Anda tidak akan sembuh karena berbagai pengobatan juga dapat dijadikan sebagai cara yang paling tepat. Selain itu, kenali juga penyebab dan juga tanda sejak dini agar nantinya Anda akan bisa mencegah dan juga mengatasi sejak dini terkait penyakit vertigo yang satu ini. Kenali dan sembuhkan agar Anda terbebas dari rasa pusing yang mencekam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *